Minggu, 07 Juni 2015

Jenis Madu Pahit

Madu pahit telah banyak beredar di pasaran, diantara jenis jenis madu pahit disini disebutkan terdapat  3 jenis madu pahit, yaitu :
jenis madu pahit, madu pelawan, madu hutan, madu asli, madu bima
1. Madu Pahit Artificial
Madu Pahit Artificial atau sirup madu pahit yang sebenarnya adalah cairan gula yang diproses sedemikian rupa sehingga menyerupai madu. Cairan gula ini dimasak dengan berbagai macam herbal paitan seperti brotowali, sambiloto, mahoni, kayu manis plus ditambahkan perasa dan pewarna. Hasil masakan ini menghasilkan cairan kental hitam pekat mirip madu dengan rasa yg sangat pahit.
Ciri - ciri sirup madu pahit artificial adalah:



  •  Warnanya hitam pekat tidak tembus cahaya, jika madu asli meskipun berwarna hitam  tetap saja terlihat bening apabila diterawang dibawah sinar. 
  • Meskipun pahit masih ada sedikit rasa manis tetapi rasanya berbeda dengan rasa manis madu asli
  •  Masa kedaluwarsa sangat pendek dan bisa busuk.
  •   Apabila dilakukan uji lab akan terdeteksi kadar gula dan kadar HMF yang tinggi.
  •  Warnanya dan rasanya seragam, madu asli terlebih madu hutan tidak bisa mempunyai warna dan rasa yang seragam dalam setiap panenan tergantung dari musim dan bunga yang dihisap lebah. Madu asli tidak bisa diproduksi dengan warna dan rasa yang seragam.   
  •  Stok barang tidak terbatas. Produksi madu asli dipengaruhi oleh musim, pada musim kemarau produksi madu berlimpah, tetapi akan menurun pada musim hujan. Sulit menjaga pasokan madu asli berkualitas.
  •  Harga yang sangat murah. Untuk memperoleh madu asli dibutuhkan banyak daya upaya, apalagi madu hutan asli yang tentunya harus ada biaya untuk peternak atau pengumpul madu hutan. Harga madu yang sangat murah patut dicurigai sebgai madu palsu.  
Pada umumnya produsen tidak mencantumkan secara terus terang jenis madu ini, dibutuhkan kejelian saat membeli madu jenis ini. Madu pahit artificial ini biasanya dijual dengan harga yang relatif murah dan biasa ditawarkan dalam jumlah tidak terbatas. Hati hati dengan madu jenis ini. 

2. Madu Pahit Herbal
Madu Pahit Herbal adalah madu hutan asli yang sengaja dicampur dengan berbagai ekstrak herbal seperti herbal mahoni. Tujuan pencampuran ini adalah untuk memperoleh khasiat dari pencampuran madu asli  dan herbal tersebut. Pembuatannya dengan memakai berbagai cara seperti Maserasi Herbal Madu,Sirup herbal madu, Campuran dekok herbal dengan madu, Pencampuran Madu dengan Ekstraks herbal.
Dari keempat cara diatas yang terbaik adalah cara keempat yaitu mencampurkan madu asli dengan ekstraks herbal yang larut air. Cara ini umumnya tidak dipakai oleh produsen madu herbal karena untuk memperoleh ekstraks herbal dibutuhkan proses yang panjang dan mahal. Proses ekstraksi hanya bisa dilakukan oleh pabrikan besar dengan peralatan yang mahal. Dari 1 kg biji mahoni misalnya hanya bisa dipaeroleh 200 gram ekstraks mahoni. Akan tetapi dari segi manfaat proses ekstraksi menghasilkan zat aktif dari herbal yang bisa langsung diserap tubuh manusia, hal ini berbeda dengan proses pembuatan dekok herbal yang bisa merusak zat aktif herbal. Madu jenis ini biasa disebut madu pahit herbal.

Ciri - ciri madu pahit herbal jenis ini adalah :
  • Warnanya tidak hitam pekat, tetapi terlihat bening apabila diterawang dibawah sinar. Apabila dituangkan pada sendok / wadah berwarna putih bersih akan terlihat jernih.
  •  Warna hitam madu jenis ini tidak seragam tergantung dari bahan baku madunya. Hitam kecoklatan, terkadang lebih terang.
  •  Stoknya terbatas karena bahan dasar madu hutan adalah jenis madu yang sulit dicari, masa panen raya adalah musim kemarau.
  •  Rasa manis dan pahit tidak tercampur, tetapi terpisah dan tetap terasa rasa manis madu hutan asli.
  •  Harga relatif mahal, karena memang berasal dari madu hutan asli. 
Madu pahit jenis ini adalah madu hutan herbal mahoni yang diproduksi dengan mencampurkan madu hutan riau asli dengan ekstrak biji mahoni.  Rasa manisnya luar biasa enak, bercampur dengan rasa pahit ekstrak biji mahoni. Proses pembuatan ekstraksi biji mahoni dilakukan oleh tenaga ahli dengan mesin mesin cangih untuk memperoleh manfaat zak aktif biji mahoni.

3. Madu Hutan Pahit Asli
adalah madu hutan pahit asli yang diperoleh dari hutan tropis sumatera, Madu jenis ini adalah madu dengan rasa pahit yang memang asli dihasilkan oleh lebah Apis Dorsata yang menghisap sari bunga pahit dihutan belantara. Madu hutan pahit ini banyak dicari masyarakat sebagai pengganti obat.
Ciri ciri madu hutan pahit asli ini adalah :

  •  Warnanya kehitaman yang menjadi pertanda adanya kandungan mineral yang tinggi. Meskipun hitam tetapi terlihat sangat bening apabila diterawang dibawah sinar matahari dan apabila dituang dalam wadah berwarna putih akan terlihat warna kuning bening keemasan.
  •  Rasa pahitnya tidak berlebihan. Jadi berbeda dengan kedua jenis madu pahit yang sebelumnya. Rasa pahit madu enak dan terasa sedikit berarak mirip anggur.
  •  Lebih encer, madu hutan pada umumnya kadar airnya cukup tinggi terlebih lagi bila panen pada musim hujan. Madu yang encer bukan berarti palsu, apalagi madu hutan yang encer biasanya cenderung mengalami proses fermentasi sehingga madu akan mengeluarkan gas atau busa. Istilah fermentasi sebenarnya tidak tepat karena madu tidak mengalami proses pembusukan. Madu yang berbusa bukanlah madu rusak. 
  •  Merupakan madu langka yang tidak setiap saat tersedia.
  •  Harga madu pahit asli relatif mahal tetapi sebanding dengan khasiat madu hutan asli. 
    jenis madu pahit, madu pelawan, madu hutan, madu asli, madu bima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar