Kamis, 11 Juni 2015

Lebah Madu dan Semut

Dalam beternak lebah madu, Semut merupakan hama bagi lebah penghasil madu seperti yang pernah dijelaskan oleh Prof. Dr. D. T. H. Sihombing seorang guru besar IPB (Institut Pertanian Bogor) pada buku Ilmu Beternak Lebah Madu pada terbitan UGM Press tahun 1997 halaman 173, Bahwa "semut menjadikan sebagai rantai makanan yang mengangkut telur dan larva serta memakan persediaan madu". Pendapat itu dikuatkan oleh RM. Sumo Prastowo dalam bukunya yang berjudul "Beternak Lebah madu Modern" halaman 203 yang isinya menjelaskan Semut membuat sarang dalam stup atau sangkar lebah dan menumpang makan disitu. sehingga kesimpulan dari peneliti lebah madu yanng cukup lama dapat kita simpulkan bahwa semut tetap suka madu.

lebah madu, madu huta, madu pahit, madu asli, madu pelawan, madu bima
Ada yang berpendapat bahawa semut tidak menyukai madu, hal ini tidak berdasarkan fakta ilmiah yang dilakukan melalui penelitian dan hanya berdasarkan kabar burung, sehingga hanya menduga-duga saja tanpa melalui atau berdasarkan fakta ilmiah, sehingga tidak dapat diterima secara logika maupun akal sehat.
Semut tidak menyukai madu karena beberapa faktor diataranya karena adanya proses fermentasi pada madu, sehingga terjadi pengasaman dan proses fermentasi alkohol, hal ini yang membuat semut tidak menyukai madu karena bau yang sangat menyengat.
lebah madu, madu hutan, madu pahit, madu asli, madu pelawan, madu bima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar